Trik dari google untuk mendeteksi invalid click

Diposting oleh pylar on 06 September 2011

Sudah banyak pemilik website atau blog yang menjalankan program Google Adsense di seluruh penjuru dunia, termasuk saya dan anda. Setiap harinya Google menerima ratusan pendaftar baru, dan juga memecat (mem-banned) puluhan publisher yang bermasalah setiap harinya.

Kenapa anda mendaftar Adsense? tentu alasanya sama, singkatnya yaitu untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Kemudian mengapa adsense anda di banned atau dinonaktifkan dari program? Inilah yang perlu kita ketahui sebagai publisher adense, terlebih bagi seorang pemula yang baru memulai program Adsense ini. Mari kita sama-sama belajar disini, agar kita senantiasa berumur panjang dan mendapatkan penghasilan yang baik dari Adsense.  Salah satu alasan Google Adsense mem-banned akun Adsense kita adanya Invalid Click. Apa itu Invalid Click? Adalah sebuah klik yang melanggar TOS program Adsense, misalnya melakukan klik pada iklan sendiri. Lalu kenapa Google bisa tahu bahwa kita melakukan kucerangan klik? Bukankah pihak dari google adsense tidak melihat?

Disini, mari kita pelajari bersama bagaimana Adsense mengetahui bahwa itu adalah Invalid Click. Mungkin berikut ini cara Adsense mendeteksi Invalid Click:
  1. IP Addres
    Jika kita mengeklik iklan berkali-kali dari sebuah alamat IP yang sama, maka account adsense kita akan ditandai sebelumnya sebagai "Mencurigakan"

  2. Cookies
    Mengakali IP Address dengan merubah-rubah, seperti pada telkomnet-instan, atau warnet ingat bahwa Google mempunyai beberapa cookies di komputer kita, sya sarankan dihapus saja.

  3. Logika Layanan Google
    Ingat jika anda menggunakan password yang sama pada beberapa account google seperti Gmail, Talks, Google Pages, Blogger, dan sebagainya maka jika anda login ke salah satunya secara langsung anda sudah terhubung ke semua layanan. Jika begitu Adsense pasti mendeteksi keberadaan kita walaupun itu diwarnet, kantor, rumah. Walaupuun anda tidak mengakses adsense, tetap mereka punya biodata lengkap anda. Untuk itu saya sarankan jangan lakukan login satu pun jika ingin aman.

  4. Logika Klik (Metode 1)
    Hebatnya Adsense dalam pola ini adalah mereka akan mengamati tingkah laku seseorang didepan internet, padahal netter sendiri tidak sadar kalau sedang diamati. Seperti contohnya, "Mengapa seseorang ini senang meng-klik iklan di situs A?". Jika terus-terusan seperti itu dan tidak pernah meng-klik iklan situs lain, maka google akan berusaha mendapatkan identitas orang tersebut, dan jika diketahui sebagai publisher, maka bersiaplah untuk di banned.

  5. Logika Klik (Metode 2)
    Mengapa seseorang clickers ini senang membuka situs secara langsung? misalnya saja langsung mengetikkan www.pylarku.blogspot.com (promosi dikit kekeke) dari addressbar atau dari bookmark, logikanya seorang yang biasa melakukan seperti itu adalah pemilik situsnya sendiri. Padahal google lebih senang kalau seorang pengguna internet mengunjungi situs dari hasil search engine. Jadi, apa yang harus anda lakukan jika ingin aman? Anda pasti sudah mengerti..:)

  6. Logika Klik (Metode 3)
    Selanjutnya adalah timbul pertanyaan dari Adsense, mengapa seorang clickers senang dengan "hit and run"? atau pencet dan lari? ini dicurigai karena berarti dia pergi ke situs tersebut hanya untuk meng-klik iklan saja, bukan mencari pengetahuan atau apa pun didunia maya. Ingat "Perkumpulan saling klik akan melakukana hal yang seperti ini, sangat berbahaya untuk dicurigai".

  7. Click Trough Rate (CTR)
    CTR kita secara normal adalah berkisar antara 0.5% sampai dengan 10% saja, jadi jika melebihi nilai itu, tak salah jika Adsense mencurigai situs anda.

  8. Geo Location
    Jika anda pernah menggunakan layanan Google Analystic sebelumnya, maka Google akan dapat mencari jejak tentang traffic kita, tidak peduli IP yang berbeda, Google akan mendapatkan lokasi yang tepat bagi traffic anda. Kenapa trik ini juga dipakai, karena mereka akan memastikan bahwa peng-klik itu adalah bukan dari kota yang sama, apalagi dari komputer atau laptop yang sama. Trik ini juga cukup efektif bagi google untuk menjaring pelanggar aturan publisher.

  9. Hardware Address
    Salah satu cara mendeteksi Invalid Click lainya adalah dari MAC Address dari sebuah LAN Card, modem, dan router, ini akan bekerja seperti layaknya sidik jari, sehingga mudah untuk di lakukan pelacakan.

  10. Search Engine Ranking Index
    Situs anda pasti terindex oleh google, karena sepertinya tidak mungkin kalau anda mendaftar adsense tapi tidak diketahui oleh google, bukan begitu? Nah dengan demikian dari analisa tersebut akan diketahui dari taffic yang ada jika terjadi invalid click.

  11. Combo
    Metode ini adalah gabungan dari beberapa metode yang tadi disebut diatas, sehingga menjadikan metode yang sempurna untuk melacak dan mengetahui Invalid Click yang datang dari manapun
Demikianlah beberapa cara Google adsense mendeteteksi Invalid Click dari Publishernya. Sudah saya katakan sebelumnya bahwa algoritma Adsense sangat canggih, tidak mungkin mereka lengah bukan? Jadi, apakah masih berpikir untuk mencurangi Adsense. Jika ingin panjang umur sebagai publisher, janganlah berbuat curang, sehat itu lebih baik. Saran dari saya buatlah konten yang menarik, pertajam meta-tag (jangan berlebihan), dan belajar SEO, kemudian biarkan pengunjung yang mengklikiklan kita sesuai dengan kebutuhan mereka. 
Terimakasih,semoga bermanfaat. Dan buat anda yang ingin memberi masukan lagi silahkan melalui komentar.

Salam sukses publisher indonesia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

{ 5 komentar... read them below or add one }

InfoSekitarKita mengatakan...

ane juga masih belajar.... :D mohon bimbingannya ya :D

Majalah Masjid Kita mengatakan...

terimakasih sekali mas informasinya :) sangat bermanfaat :)

pylar mengatakan...

@InfoSekitarKita: Saya juga masih belajar kok mas, mari kita bersama-sama belajar ya?
@Majalah Masjid Kita: Sama-sama ya!, Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat pembaca. Terimaksih atas knjunganya.

adira asuransi kendaraan terbaik indonesia mengatakan...

maen aman ja walo hasilnya seret,,mesti sabar :)

wakhid mengatakan...

Kok Gak Update lagi :D

Posting Komentar